Waspada Schistosomiasis Penyakit Cacing yang Merenggut Nyawa

Sistosomiasis adalah satu diantara penyakit cacingan yg ditakuti lantaran udah merenggut banyak nyawa. Bahkan juga di Indonesia sendiri kerap berlangsung wabah sistosomiasis di sebagian wilayah. Seringkali penyakit ini diperantarai oleh hewan style keong. Jumlahnya yg meninggal dunia tidak juga termasuk dikit. Sesungguhnya apa yg sebabkan masalah ini berlangsung?

Penyakit ini yakni penyakit parasit (cacing) yg hidup dalam pembuluh darah vena. Nama lain penyakit ini yakni Biliharzia yg diambil dari nama pakar patologi Theodore Maximillian Biliharz (1825-1862).

Ada 5 spesies sistosoma atau cacing yang memicu sistomiasis ini, adalah sistosoma mansoni, sistosoma hematobium, sistosoma japonicum, sistosoma mekongi, serta sistosoma intercalatum. Di Indonesia, spesies sistosoma yg diketemukan yakni sistosoma japonicum.

Barang siapa dapat terserang penyakit ini baik pria ataupun wanita. Demikian dengan juga usia. Baik beberapa anak ataupun orang dewasa punyai kesempatan yg sama terkena penyakit sistosomiasis.

Sistosomiasis ini adalah satu diantara yang memicu penting kematian di Afrika, Amerika Selatan, Timor Tengah serta Asia.

Di atas seluruhnya, schistosomiasis yakni penyakit parah. Banyak infeksi subclinically tanda-tanda, dengan anemia mudah serta kekurangan gizi yg umum di wilayah endemik. Schistosomiasis parah (demam Katayama itu) bisa berlangsung minggu sehabis infeksi awal, terutamanya oleh S. mansoni serta S. japonicum. Aktualisasi mencakup:

Dikarenakan udah jelas. Serta juga dijabarkan di atas. Dikarenakan yakni cacing trematoda sistosoma. Di wilayah Indonesia sendiri, yang memicu penting sistosomiasis yakni spesies S.japonicum.

Satu diantara terapis yg sesuai untuk sistosomiasis yakni praziquantel. Obat ini bisa sebagai obat sistosomiasis karena spesies S.hematobium, S.mansoni, serta S.japonicum.

Obat yang lain yang cukup kerap diperlukan yakni Oxamniquine, Artemisin, serta Metrifonate. Akan tetapi obat-obat ini jarang-jarang digunakan untuk sistosomiasis karena spesies S.japonicum.

Terapis pembedahan kadang-kadang dapat jadikan pilihan untuk keluarkan polip atau sumbatan aliran kemih.

Komplikasi yg kerap berlangsung dari penyakit ini misalnya:

Untuk menghambat penyakit ini tidak susah. Cuma diperlukan tekad untuk melaksanakannya saja. Contohnya, tak berenang di air tawar dimana kerap berlangsung sistosomiasis.

Lalu usaha lain yakni minum air yg bersih yg terlepas dari parasit. Lakukan minum air yg udah diolah secara baik.

Buat orang yg tinggal di wilayah tepian sebaiknya untuk waspada diri dari keong-keong yg peluang adalah penghubung penyakit ini. Bahkan juga lebih baik apabila keong-keong air dimana kerap berlangsung sistosomiasis lekas diberantas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *