Waspada Limfadenitis

Limfadenitis merupakan keadaan medis yang disinyalir dengan kelejar getah bening yang keras, membengkak serta ngilu, rata-rata di wilayah leher, ketiak serta lipat paha.

Yang memicu

Limfadenitis dapat diakibatkan oleh infeksi dari beragam organisme, adalah bakteri, virus, protozoa, riketsia atau jamur. Lewat cara privat, infeksi menebar ke kelenjar getah bening dari infeksi kulit, telinga, hidung atau mata.

Tanda-tanda

Kelenjar getah bening yang terinfeksi akan jadi membesar serta rata-rata teraba lunak serta ngilu. Kadangkala kulit diatasnya kelihatan merah serta teraba hangat.

Analisis

Studi ditegakkan berdasar gejala-gejalanya. Buat menolong tentukan pemicunya, dapat dikerjakan biopsi (pengangkatan jaringan buat dicheck dibawah mikroskop).

Penyembuhan

Penyembuhan terkait dari organisme pemicunya. Buat infeksi bakteri, rata-rata dikasihkan antibiotik per-oral (lewat mulut) atau intravena (lewat pembuluh darah).

Buat menolong kurangi rasa sakit, kelenjar getah bening yang terserang dapat dikompres hangat. Rata-rata kalau infeksi sudah diobati, kelenjar akan mengecil lewat cara perlahan-lahan serta rasa sakit akan hilang. Kadangkala kelenjar yang jadi membesar masih keras serta tak lagi merasa lunak pada perabaan.

Mencegah

Memperhatikan kesehatan serta kebersihan tubuh dapat menolong menahan berlangsungnya beragam infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *