Penyakit Gangren Luka Kronis Dikaki Pengancam Diabetes

Timbunan plak yang terbagi dalam cholesterol dan zat yang lain, bisa berlangsung di seluruhnya pembuluh darah. Kalau tempatnya ada di pembuluh darah jantung (koroner), perihal ini bisa berakhir pada serangan jantung. Apabila berlangsung di sisi pembuluh darah pinggir (perifer), bisa membuat problem pada anggota badan seperti kaki.

Tersumbatnya pembuluh darah di kaki

Gangren, cedera parah di sisi kaki, sebagai satu bentuk problem yang seringkali berlangsung gara-gara terdapatnya timbunan plak pada pembuluh darah perifer. Situasi ini seringkali menyerang pasien diabetes yang persentase gula darah dalam tubuhnya tak termonitor.

Menurut dokter spesialis jantung serta pembuluh darah, dr Hananto Andriantoro, SpJP, dari RSJPDHK, usaha pengobatan cedera parah di kaki (gangren) pada pasien diabetes diperlukan perlakuan yang utuh. Tak dapat apabila cuma dijalankan dengan memberikannya antibiotik saja serta perawatan cedera biasa. Menurut dia, dibutuhkan kontrol lebih dalam adakah penyumbatan serta penyempitan pada pembuluh darah kaki. Apabila ada, jadi sumbatan itu harus dibuka. Perihal ini disebabkan sumbatan itu ialah yang memicu penting berlangsungnya cedera.

Saluran darah bakal terkendala apabila alami sumbatan pada pembuluh darah kaki, sampai bakal ada jaringan yang tak dapat dapatkan supply oksigen serta makanan. Situasi ini bakal bikin jaringan jadi mati seiring berjalan waktu sampai terjadi cedera. Oleh karena itu, apabila sumbatan tak dibuka, maka bisa membuat jadi lebih sulit pengobatan cedera.

Ada cara-cara untuk buka sumbatan pembuluh darah kaki. Dapat lewat cara operasi pembalonan, atau dengan juga trik pemasangan stent (cincin atau ring), sesuai sama perlakuan penyakit jantung koroner, perbedaannya cuma terdapat pada area pembuluh darah.

Menurut dokter Hananto, terbukanya sumbatan bakal bikin saluran darah lancar kembali, serta perihal ini bakal bikin pengobatan kian lebih simpel. Keterangan sama pun disebut oleh Thosapol Limpijankit, satu orang dokter spesialis jantung & pembuluh darah yang datang dari Kampus Mahidol. Sesuai sama beberapa kasus di Indonesia, di Thailand kebanyakan pasien diabetes yang alami gangren kerap terlambat ada untuk diatasi, sampai amputasi acapkali tidak bisa dicegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *