Jangan Sembarangan Memberi Obat Masuk Angin Pada Anak

Tiap orang dapat alami yang namanya masuk angin. Masuk angin bukan cuma di alami orang dewasa, akan tetapi pula beberapa anak. Buat orang dewasa, mungkin biasa merasakannya sampai-sampai gampang untuk menanganinya. Sejumlah besar orang dewasa mengobatinya melalui cara ‘kerokan’, minum air jahe hangat atau teh manis hangat, dan obat masuk angin yang bahannya kimia atau herbal. Langkah tersebut memang dapat dibuktikan ampuh. Tetapi, soal ini tidak langsung dapat ditempatkan pada beberapa anak yang alami situasi mirip.

Seandainya anak alami masuk angin, biasanya ibu-ibu gampang kuatir. Kerap mereka berikan obat flu untuk dewasa pada anaknya, mengharap buah hatinya cepat pulih.

Dilansir dari MetroTVNews, menurut seseorang dokter spesialis anak dari RS Siloam Lippo Village Karawaci, Dr S Djokomuljanto, MMed SpA, orang tua seharusnya berhati-hati untuk berikan obat masuk angina pada anaknya, tidak bisa sembarangan. Berikan obat lewat cara asal-asalan pada anak bisa-bisa tidak membuat pulih, justru mengakibatkan munculnya penyakit lain.

Dokter Djoko memaparkan kalau anak mudah alami resikonya dari obat masuk angin bahannya kimia. Resikonya itu dapat berwujud problem pencernaan atau rasa mual. Rasa mual yang berlangsung dapat diakibatkan oleh pelbagai peluang, seperti peka pada bahan kimia obat, bahan pengawet pada obat, atau kehigienisan obat. Dampak ada resikonya obat pada anak condong tambah tinggi dibanding orang dewasa. Soal ini karena sistim kebal badan anak belum tercipta lewat cara prima.

Untuk menyembuhkan masuk angin pada anak, tidak mesti memanfaatkan obat bahannya kimia. Cukup hanya dengan penyembuhan herbal yang simple serta murah, yaitu manfaatkan beberapa bahan yang ada pada dapur kita.

Djoko berikan contoh, untuk anak dibawah usia 6 bulan, pengobatannya cukup gampang. Badan anak cukup diolesi minyak telon di bagian perut serta punggungnya. Pengolesan minyak seharusnya dibarengi dengan pijatan-pijatan yang lembut supaya saluran darah kembali lancar. Dan penyembuhan untuk anak di atas usia 6 bulan dapat dilaksanakan melalui cara menggosokannya beberapa bahan alami seperti bawang merah, minyak kayu putih, maupun minyak kelapa.

Bukannya memanfaatkan obat-obatan bahannya kimia, orang tua dapat coba ramuan herbal yang telah banyak di jual di market berbentuk paket obat-obatan alami. Obat herbal condong amat rendah dampaknya. Seandainya tanda-tanda masuk angin terus bersambung, selekasnya bawa juga anak anda ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *