Jangan Digaruk Jika Muncul Bercak Merah Pada Kulit

Penyakit cacar air, dengan cara medis dimaksud varisela, normalnya terkena oleh beberapa anak yg berumur dibawah 10 tahun serta lebih jarang-jarang menyerang orang dewasa.

Penyakit ini disinyalir oleh peradangan pada kulit berbentuk gelembung-gelembung tembus pandang yg ada berkelompok-kelompok pada bagian badan.

Pasien cacar air menularkan penyakitnya ke orang lewat droplet atau partikel cairan yg dikeluarkan dari mulut pada saat bersin, batuk, atau berkata yang memiliki kandungan kuman penyakit, adalah virus Varicella-zoster yg masuk ke badan orang sehat. Lewat kontak langsung, bersentuhan dengan pasien.

Selesai masuk ke badan manusia, virus bakal perbanyak diri serta menebar ke jaringan ditempat lewat saluran darah serta saluran getah bening. Virus perbanyak diri kembali sampai virus menebar ke semua badan serta terpenting capai kulit serta selaput lendir.

Penyebaran pun lewat beberapa benda yg terkontaminasi oleh cairan dari lepuhan kulit. Pasien dapat menularkan penyakitnya di mulai dari munculnya tanda-tanda hingga lepuhan yg paling akhir sudah jadi kering.

Lantaran itu, untuk menghindar penyebaran, seharusnya pasien (diasingkan). Bila satu orang sudah pernah menanggung derita cacar air, karena itu ia bakal mempunyai kekuatan serta akan tidak menanggung derita cacar air . Akan tetapi virusnya tetap tertidur dalam badan manusia, lalu kadang-kadang berubah menjadi aktif kembali serta memicu herpes zoster.

Tanda-tanda cacar air kebanyakan baru muncul kira-kira 15 hari selesai berlangsung infeksi virus Varisela zoster. Awalannya tanda-tanda penyakit cacar air yg berlangsung yaitu bercak merah yg bakal terasa gatal seperti di gigit serangga, suhu tubuh bertambah, rasa lemas, dan pegal yg berlangsung di semua tubuh.

Lalu bercak merah pertama tampil di kepala, lalu menebar ke tubuh lalu tangan dan kaki. Bercak merah yg muncul lekas menjadi gelembung kecil yg berisi air di semua badan. Dalam sekian hari, bercak merah akan terus keluar, sedang gelembung cacar bakal pecah dalam kurun waktu kira-kira 1 hari, sampai-sampai kerapkali diketemukan bercak merah, gelembung cacar air serta sisa gelembung yg udah pecah ada dengan cara bertepatan.

Proses ini memakan banyak waktu saat 6-8 jam. Sesudah itu bakal tercipta bintik-bintik serta lepuhan yg baru. Dalam hari ke-5, kebanyakan tidak tercipta lepuhan yg baru, semua lepuhan bakal jadi kering dalam hari ke enam serta lenyap dalam kurun waktu kurang dari 20 hari.

Papula di muka, lengan serta tungkai relatif lebih dikit, kebanyakan banyak diketemukan pada batang badan sisi atas (dada, punggung, pundak). Bintik-bintik kerap diketemukan di kulit kepala. Papula di mulut cepat pecah serta membuat cedera terbuka, yg kerapkali memicu problem menelan. Ulkus juga dapat diketemukan di kelopak mata, aliran pernapasan sisi atas, rektum serta vagina.

Penyembuhan untuk kurangi rasa gatal serta menghindar penggarukan, seharusnya kulit dikompres dingin. Bisa pula dioles-oleskan lotion yang memiliki kandungan mentol atau fenol Untuk kurangi dampak berlangsungnya infeksi bakteri. Dalam kondsi ini seharusnya mengontrol kebersihan tangan, kuku dipotong pendek, kemeja terus kering serta bersih. Kadang-kadang diberi obat untuk kurangi gatal (antihistamin).

Bila berlangsung infeksi bakteri, diberi antibiotik. Bila kasusnya berat, dapat diberi obat anti-virus asiklovir. Untuk turunkan demam, seharusnya pakai asetaminofen, jangan aspirin. Obat anti-virus bisa diserahkan ke anak yg berumur lebih dari 2 tahun. Asiklovir kebanyakan diserahkan ke remaja, lantaran pada remaja penyakit ini lebih berat. Asiklovir dapat kurangi beratnya penyakit bila diberi dalam kurun waktu 24 jam selesai timbulnya ruam yg pertama. Obat anti-virus yang lain yaitu vidarabin.

Untuk menghindar cacar air diberi satu vaksin. Terhadap orang yg belumlah sempat dapatkan vaksinasi cacar air serta mempunyai rIsiko tinggi alami komplikasi (umpamanya pasien problem mode kekuatan), dapat diberi immunoglobulin zoster atau immunoglobulin varicella-zoster. Vaksin varisela kebanyakan diserahkan ke anak yg berumur 12-18 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *