10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Nyeri Haid yang Menyiksa

Satu diantaranya kekecewaan paling umum yg dirasa beberapa wanita disaat haid yaitu ngilu pada perut sisi bawah. Ngilu yg berat bisa mengisyaratkan keadaan medis spesifik, akan tetapi ngilu gampang sampai tengah kebanyakan yaitu keadaan yg umum serta tak usah begitu di cemaskan. Supaya ngilu tak mengganggu, baca pelbagai metode hilangkan ngilu haid selanjutnya!

Metode Hilangkan Ngilu Haid
Ngilu haid paling kuat biasanya dirasa saat satu atau dua hari pertama dari menstruasi. Untuk sejumlah wanita, ngilu ini bisa mempengaruhi kesibukan seharian. Pada intinya ada sangat banyak metode menangani sakit perut waktu haid yg dapat Anda kerjakan di dalam rumah.

Berikut 10 metode hilangkan ngilu haid yang bisa Anda coba!

1. Kompres dengan suatu yg hangat
Mengompres perut dengan benda hangat bisa jadi pilihan metode hilangkan ngilu haid yg sangatlah praktis.

Suatu pengamatan memberikan jika kompres panas dengan suhu 40°C sama efektifnya dengan ibuprofen dalam soal hilangkan ngilu. Anda bisa memanfaatkan botol berisi air panas, heating pad, atau memanfaatkan handuk hangat buat menangani ngilu di perut.

2. Pijat dengan essential oil
Metode hilangkan ngilu haid yg ke-2 dengan mengombinasikan pijat serta essential oil atau minyak fundamental.

Pijatan pada ruang badan spesifik akan menopang membuat otot lebih santai sampai-sampai rasa ngilu bisa menyusut. Terkecuali itu, pemakaian essential oil pula dapat di buktikan bisa meredam ngilu haid lewat cara relevan. Anda bisa memohon pemberian terapis buat memijat badan Anda atau juga dapat melaksanakan pijat sendiri di dalam rumah.

3. Mengonsumsi makanan yang bisa menopang membantu rasa ngilu
Mengonsumsi makanan dapat mempengaruhi rasa ngilu yg dirasa saat haid.

Beberapa macam makanan yg di rekomendasikan buat dikonsumsi saat haid mencakup:

-Makanan dengan kandungan vitamin B6, bisa kurangi kembung di aliran pencernaan.
-Makanan dengan kandungan tinggi boron seperti alpukat, selai kacang, buncis, serta pisang. Boron menopang –
penyerapan kalsium serta fosfor dan menopang meredam ngilu.
-Makanan tinggi zat besi buat gantikan zat besi yg hilang saat haid seperti ayam, ikan, serta sayuran hijau.
-Makanan dengan kandungan mangan seperti kacang kenari atau kacang almond.
-Makanan dengan kandungan vitamin E seperti minyak zaitun serta brokoli.
-Makanan dengan kandungan air tinggi buat menghindar dehidrasi seperti selada, mentimun, seledri, semangka, serta
buah-buahan berry.
-Makanan tinggi kalsium seperti susu serta produk olahannya, kacang almond, wijen, serta sayuran hijau.

4. Jauhi makanan yang bisa jadi memperburuk rasa ngilu
Tidak cuman ada makanan yg direkomendasikan buat dikonsumsi buat menopang membantu ngilu haid, ada pula sejumlah makanan yg baiknya dijauhi lantaran dipandang bisa jadi memperburuk rasa ngilu.

Model makanan yg baiknya dijauhi yaitu makanan yang bisa sebabkan kembung serta retensi air. Berikut daftar minuman serta makanan yg baiknya dijauhi saat haid:

-Makanan berlemak
-Makanan asin
-Minuman berkarbonasi
-Alkohol
-Minuman atau makanan mempunyai kandungan cafein

5. Penuhi kepentingan cairan
Sensasi kembung di perut bisa jadi memperburuk ngilu haid serta satu diantaranya metode buat menyelesaikannya dengan mengontrol badan konsisten terhidrasi secara baik.

Supaya kepentingan cairan tercukupi serta badan terhidrasi secara baik, yakinkan Anda memakai banyak air putih. Seperti yg disinggung awal kalinya, Anda dapat memakai buah serta sayur dengan kandungan air tinggi yang baik buat dikonsumsi saat menstruasi.

6. Minuman herbal
Beberapa macam minuman herbal seperti teh chamomile serta teh jahe diakui bisa jadi satu diantaranya pilihan metode hilangkan ngilu haid.

Terkecuali itu, minuman dengan kandungan kurkumin, seperti jamu kunyit asam, pula sudah dibuktikan bisa menopang membantu tanda-tanda PMS. Meskipun sedikit pengamatan yg memperlihatkan efektivitas pemakaian herbal buat menangani ngilu haid, tetapi pilihan pemakaian herbal cukup disenangi oleh orang.

Hal yg butuh jadi perhatian yaitu jika pemakaian herbal dapat memberikannya resikonya serta bisa mempengaruhi metode kerja obat lain. Karena itu, kalau Anda mempunyai keadaan medis spesifik atau tengah memakai obat spesifik, baiknya tanyakan dengan dokter sebelum memanfaatkan herbal.

7. Olahraga
Olahraga dengan bagian yg pas tidak jadi memperburuk ngilu haid, bahkan juga bisa jadi satu diantaranya metode menangani ngilu haid.

Olahraga bisa menopang meregangkan otot perut yg tegang. Terkecuali itu, badan akan melepas endorfin yg bisa jadi pereda rasa sakit alami untuk badan. Model olahraga yg di rekomendasikan buat wanita yg tengah haid yaitu seperti yoga, berjalan, serta sejumlah pergerakan penegangan.

8. Akupuntur
Akupuntur yaitu penyembuhan tradisionil yg datang dari tiongkok serta mempunyai pelbagai kegunaan buat kesehatan.

Akupuntur pula diakui bisa jadi satu diantaranya metode meredam ngilu haid yg ampuh. Terapis akupuntur direkomendasikan buat dilaksanakan pada 10 sampai 7 hari sebelum menstruasi hadir. Terapis ini dipandang lebih aman serta minim resikonya ketimbang mengonsumsi obat-obatan.

9. Akupresur
Tidak cuman akupuntur, terapis lain yg dapat dilaksanakan buat membantu ngilu haid yaitu akupresur.

Kalau akupuntur memanfaatkan jarum jadi media terapis, akupresur cuma memercayakan sentuhan serta dorongan pada sejumlah titik pada badan. Terapis ini bisa tingkatkan saluran darah serta menopang pelepasan endorfin sampai-sampai diakui jadi satu diantaranya metode hilangkan ngilu haid.

10. Minum obat penghilang rasa sakit
Metode menangani ngilu haid yg paling akhir dengan memanfaatkan obat penghilang rasa sakit.

Obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen serta naproxen bisa dibeli lewat cara bebas serta tanpa ada memanfaatkan resep dokter. Obat ini kerja melalui cara mempengaruhi senyawa prostaglandin yg berkenaan dengan reaksi peradangan. Meskipun ampuh, tetapi pemakaian obat-obatan baiknya tak dilaksanakan buat waktu panjang.

Itu ia 10 metode meredam ngilu haid yg dapat Anda melakukannya. Kalau metode di atas tidak sukses serta Anda mempunyai tanda-tanda lain seperti pendarahan terlalu berlebih atau ngilu yg bertambah berat, baiknya tanyakan ke dokter buat meyakinkan keadaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *